Headline News

Rabu, 25 Januari 2012

DANAU DI ATAS DAN DANAU DI BAWAH


DANAU DI ATAS DAN DANAU DI BAWAH

Kabupaten Solok yang kaya di danau yang indah, Tidak kurang dari empat danau yang ditemukan di sana, yaitu: Danau di Atas Danau di Bawah, Danau Batur dan Danau Talang,  Saya benar-benar beruntung dapat mengunjungi beberapa dari mereka dan menikmati keindahan alamnya.


Danau di Danau Atas dan Bawah sering disebut sebagai Twin Lakes. Twin Lakes terdiri dari dua danau yang terpisah jarak sekitar 1 km. Meskipun dibilang kembar, keduanya sama sekali berbeda baik dari daerah, bentuk dan ketinggian. Kita bisa melihat mereka berdua bersama-sama ketika mereka sangat tinggi, mungkin ketika berada di helikopter.
*
Dua danau yang dipisahkan dalam jarak sekitar satu mil itu punya keunikan tersendiri. Danau bernama atas tepatnya berada di bawah. Dan, sebaliknya, Danau Bawah terletak di bagian atas. Tingkat air Danau Pada tingkat air Danau Bawah dengan SD karena mereka kedalaman yang berbeda begitu jauh.
*
Selain itu, danau kembar juga menjadi salah satu objek pariwisata yang dikabarkan terus berusaha dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Solok. Hal ini terlihat dari sejumlah fasilitas yang tersedia di sekitarnya. Panorama Danau Kembar, misalnya, memiliki taman-taman cantik yang indah ditambah bangku permanen semen tempat untuk duduk bersantai.
*
*
Ada juga beberapa gazebo untuk menempatkan orang melihat keindahan yang terletak Di daerah Danau, diatur di lembah indah Gumanti. Hanya di dekat tempat parkir, ada sebuah bangunan seperti aula yang terkunci dan dinding yang membosankan.
*
Di sana-sini terlihat sampah berserakan. Ada satu pak biskuit, beberapa botol plastik dan gelas air mineral. Lokasi wisata ini terkesan danau tersembunyi dari hiruk-pikuk lalu lintas wisata yang menggema pemerintah. Balai pertemuan dibangun di dekat Danau bawah bahkan terlihat sedikit lusuh tidak terawat. Demikian pula digarap wisata air yang tidak tampak serius, meskipun diakui berarti jalan raya dibangun untuk lokasi Padang relatif baik.
*
Dalam danau kembar, wisata air hanya dapat dilakukan di Danau Di Atas. Pengunjung hanya dapat berperahu motor yang “tradisional” di sekitar danau pada tingkat Rp 5.000 per orang. Danau relatif “dangkal”, hanya sekitar 44 meter. Sementara itu, Danau Bawah, dengan kedalaman lebih dari 800 meter, adalah mustahil untuk mengeksplorasi dengan perahu. “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons