Headline News

Senin, 13 Februari 2012

GALAMAI



Galamai adalah masakan khas Payakumbuh. Tak ada yang berani menentang stigma masyarakat ini tentang Galamai, meskipun sebenarnya daerah lain di Sumatera barat ada juga yang membuat galamai ini.
Galamai adalah salah satu makanan kecil dengan bahan dasar tepung beras ketangula aren dan santan yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang. Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini.


Tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu atau gula arendengan menggunakan kuali yang sangat besar. Makanan ini biasanya dibuat untuk keperluan pestapernikahan dan pesta adat lainya atau menjelang hari raya. Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis.
Galamai biasa dikerjakan bersama dalam satu kelompok. Prosesnya mulai dari menumbuk tepung, memeras kelapa, sampai mengaduknya dalam kuali besar yang panas secara terus-menerus sampai galamai matang sesuai yang dikehendaki. Galamai telah menjadi ciri khas setiap waktu yang mesti disajikan dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan bahkan pemerintahan sampai oleh-oleh untuk dibawa dan dikirim ke rantau. (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons